|
Selamat Datang, Register | Login
Home » Teenagers » Melestarikan Ekosistem demi Mendukung Kesehatan

Melestarikan Ekosistem demi Mendukung Kesehatan

Rabu, 9 Januari 2013 12:50:17  •  Oleh : redaksi  •    Dibaca : 686
Melestarikan Ekosistem demi Mendukung Kesehatan

    Perubahan ekosistem sangat berdampak bagi kesehatan dan keberlanjutan pada skala lokal, regional dan global. Oleh karena itu kita perlu mempelajari tentang EcoHealth.. EcoHealth adalah bidang penelitian tentang bagaimana perubahan dalam ekosistem bumi mempengaruhi kesehatan manusia. EcoHealth meneliti perubahan, biologis fisik, lingkungan sosial ,ekonomi dan berkaitan perubahan bagi kesehatan manusia. Contoh umum termasuk kenaikan tingkat asma karena polusii udara, kontaminasi PCB ikan permainan diGreat Lakesdi Amerika Serikat, dan fragmentasi habitat menyebabkan peningkatan angka penyakit Lyme dan virulen penyakit menula rbaru seperti SARS, virus Ebola, virus Nipah, flu burung dan hanta virus semuanya telah ditemukan hasil dari perubahan ekosistem yang dibuat oleh manusia. Penyakit ini memiliki tingkat kematian yang tinggi dan terapi yang efektif sangat sedikit. EcoHealth berusaha untuk memberikan inovatif, solusi praktis untuk mengurangi atau membalikkan efek kesehatan negatif dari perubahan ekosistem.

    Isu lingkungan global merupakan ancaman besar bagi kesehatan global di abad mendatang termasuk perubahan iklim, sanitasi, kebersihan makanan akan tetap menjadi latar belakang masalah kesehatan di masa depan. Profesi di bidang kesehatan sangat berpotensi dan perlu ditempatkan dengan baik untuk menyediakan pelayanan pada bidang pendidikan masyarakat termasuk ecohealth.
    Berikut adalah beberapa riset tentang EcoHealth dari beberapa negara menunjukkan bahwa hubungan antara pembangunan, lingkungan dan kesehatan sangatlah penting. Bagi para profesional dan masyarakat perlu memahami tentang isu-isu yang berlangsung mengenai keadaan lingkungan sekitar. Di Cina dan Eropa sejumlah program diupayakan untuk membangun dan menyediakan akses lingkungan dan pendidikan kesehatan bagi masyarakat,antara lain: EcoHealth kapasitas pengembangan program di Asia, kapasitas penelitian pembangunan kerja Forum pada Kesehatan, Lingkungan dan Pembangunan(FORHEAD).

    Pentingnya mengetahui hubungan antara air dan kesehatan manusia. Air sangat penting digunakan untuk mencegah timbulnya penyakit. Ilmu EcoHealth telah memberikan kontribusi dalam mengatasi ancaman penyakit yang berhubungan dengan air. Hal tersebut mengundang para ahli dari Cina – India untuk melakukan penelitian dengan niat untuk mengembangkan proyek bawah air. Penelitian dilakukan di beberap negara berkembang.Air adalah hal yang terpenting untuk mencegah timbulnya penyakit. Jika banyak sampah yang dibuang  disembarang  tempat , misalnya saja di sungai itu akan menyebabakan air sungai terkontaminasi , dan tejadi perubahan kuantitas dan kualitas  air yang awalnya air sungai tersebut  jernih  dapat digunakan untuk mandi dan lain sebagainya. Karena ada sampah air menjadi keruh . hal tersebut juga akan menyebabkan banjir. Banjir  memicu datangnya penyakit seperti sakit kulit, flu, demam dan lain sebagainya.
Oleh karena itu sangat penting untuk mempelajari EcoHealth dan menerapkannya di kehidupan sehari-hari. Misalkan saja dengan memperhatikan lingkungan sekitar seperti tempat tinggal kita. Lakukan hal-hal sederhana yang dapat mencegah rusaknya keseimbangan ekosistem dimulai dari hal paling kecil. Membuang sampah ditempatnya, tidak hanya sekedar membuang sampah tapi juga memisahkan mana sampah organik dan anorganik. Menanam tanaman disekitar tempat tinggal. Meskiun dampaknya tidak besar, setidaknya dengan melakukan penanaman pohon di sekitar tempat tinggal kita melakukan suatu penyelamatan lingkungan dengan cara mengulangi persebaran polusi di sekitar tempat tinggal kita. Menghindari untuk menggunakan terlalu banyak kaca untuk bangunan rumah kita dan menggunakan AC seperlunya  adalah salah satu cara ecohealth dan mencegah global warming.

Baca "Teenagers" Lainnya

Komentar Anda